Windows PE merupakan system operasi live CD yang mengambil dari platform Windows. Kehadirannya sangat membantu saya untuk melakukan proses pembersihan virus secara manual. Biasanya, jika dengan cara manual biasa tidak membuahkan hasil, maka salah satu cara lainnya, saya akan menggunakan Windows PE ini.

Let’s Go
Untuk menggunakan Windows PE, terlebih dahulu anda harus membuatnya secara manual dengan program PE Builder. Klik disini untuk menyimak proses pembuatannya.
Selanjutnya ikuti langkah berikut :

  1. Tentukan booting dari CDROM sebagai boot pertama (dari BIOS)
  2. Pastikan CD Windows PE yang baru anda buat sudah masuk
  3. Tunggu beberapa saat, anda bisa ngopi, ngupil atau kegiatan apa aja yang penting bermanfaat selagi menunggu. Bete Boss
  4. Klik Go pilih Programs dan A43 File Management Utility . Aplikasi ini hampir mirip dengan Windows Explorer . Bedanya, A43 File Management Utility akan langsung menampilkan file hidden dan superhidden tanpa harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu.
  5. Selanjutnya, anda tinggal melakukan searching manual pada ruang-ruang yang biasa menjadi sarang file induk virus.
  6. Pada A43 File Management Utility , juga terdapat menu Searching. Namun sayangnya, file hasil pencarian tidak bisa langsung diklik apalagi dihapus. Sehingga memaksa anda untuk mencarinya secara manual berdasarkan hasil pencarian tadi.
  7. Untuk mencari file, anda bisa klik Tool dan pilih Find File
  8. Nah, dari tutorial singkat ini, semoga anda bisa memanfaatkannya dengan baik. Jangan lupa, pihak PE Builder memohon bantuan dana pada anda yang peduli Teknologi, katanya sih demi sempurnanya program yang mereka rancang